Minggu, 06 Desember 2009

Cara Untuk Mematikan AutoRun Pada Windows

       Bagi yang antivirus nya ga sering di update akan mengakibatkan virus baru akan masuk apalagi kalau ada file autorun.inf   di dalam usb/flasdisk sudah jangan dikata lagi pasti virusnya akan menyebar ketika kita colokin usb ke dalam komputer atau laptop, nah  sebagai pencegahannya kita matikan / nonaktifkan autorun nya di dalam windows, caranya mudah saja ikuti langkah di bawah ini yang dimana ada 2 cara, pilih salah satu saja yang menurut anda mudah atau bisa dilakukan oleh komputer atau laptop anda.

Pertama : masuk ke Group Policy
Kedua   : masuk ke Registry

Penjelasannya dibawah ini :

Cara Pertama

Langkah –langkah nya sebagai berikut :
1.    Masuk ke Run melalui start menu
2.    Ketikkan gpedit.msc

3.    Pilih Computer Configuration kemudian pilih Administrative Templates lalu masuk ke System

4.    Klik kanan pada Turn Off Autoplay pilih Properties

5.   Ubah status pada Turn off Autoplay yang tadinya Not configured menjadi Enabled dan pilih All drives (maksudnya untuk semua perangkat tambahan seprti usb dan cd)
6.    Apabila berhasil maka tampilannya menjadi dibawah ini :
7.    Langkah selanjutnya pilih User Configuration kemudian pilih Administrative Templates lalu masuk ke System

8.   Ubah status pada Turn off Autoplay yang tadinya Not configured menjadi Enabled dan pilih All drives.

9.    Apabila berhasil maka tampilannya menjadi dibawah ini :
10.  Tutup aplikasi Group Policy kemudian Restart Komputer / Laptop Anda

Cara Kedua

      Dengan menggunakan regedit, cara ini lumayan ribet karena banyak sekali yang di buka di dalam foldernya, tapi tak apalah, yang pentingkan autorunnya bisa di nonaktifkan,he…

Langkah –langkah nya sebagai berikut :
1. klik menu start kemudian pilih menu run dan ketikkan regedit

2. Nah langkah ini yang ribet jadi harus pelan – pelan atau kecilkan layar registry nya sehingga mudah dilihat langkah – langkahnya pada web ini, yang dimana langkahnya pilih HKEY_CURRENT _USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer


 3. setelah klik Explorer kemudian pilih NoDriveTypeAutoRun klik kanan dan plih Modify, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
   
4. Ganti nilai datanya atau value data yang asalnya bernilai 91 menjadi ff, fungsinya untuk mematikan autorun pada drive. Kemudian klik Ok.

5. perjuangan tidak sampai disini karena harus dua yang di matikan autorun nya, yaitu pilih HKEY_USERS\.DEFAULT\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, langkahnya sama seperti sebelumnya tapi alangkah baiknya dijabarkan lagi, kan supaya ga pusing,he..

6. setelah klik Explorer kemudian pilih NoDriveTypeAutoRun lalu klik kanan dan plih Modify, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :

7. Ganti nilai datanya atau value data yang asalnya bernilai 95 menjadi ff, fungsinya untuk mematikan autorun pada drive. Kemudian klik Ok.

8.    tuh kan sama langkahnya, jadi langkah terakhir adalah tutup aplikasi registry, tidak perlu direstart.
Semoga berhasil yah.. :-)

Update : 
Download Program Anti AutoRun :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar